Warung Makan Handayani, Sensasi Nasi Brongkos yang Menjadi Legenda di Yogyakarta


Mungkin sebagian dari kalian bingung, brongkos itu apaan sih... Brongkos itu adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang menggunakan kluwek sebagai salah satu bumbu dasar dari sayur tersebut. Bagi kalian yang pernah merasakan rawon pada makanan yang berasal dari Jawa Timur, sekilas sayur ini mirip dengan makanan tersebut, namun sayur brongkos ini di tambah santan sehingga warnanya lebih pucat dan kental rasanya. Kembali lagi kepada pembahasan jajanan receh yang satu ini, warung yang satu ini memang terlihat tidak terlalu meyakinkan, namun secara histori warung ini mungkin menyimpan banyak sekali banyak kenangan bagi banyak orang, karena memang warung yang satu ini sudah menjadi salah satu buruan pencinta kuliner yang mengunjungi Yogyakarta. Warung ini terletak di Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133.



Warung ini sudah dibuka sejak tahun 1960-an, namun sekarang sudah dilanjutkan oleh anaknya. Selain tempatnya yang sangat strategis, yaitu berada di dekat kompleks alun-alun kidul Yogyakarta, kuliner yang satu ini juga terkenal karena rasa brongkos yang sangat kaya rasa dan mengingatkan akan makanan khas buatan dari nenek kalian. Konon katanya, makanan ini menggunakan 16 macam rempah-rempah khas Indonesia yang di tambah dengan santan kelapa & kluwek  yang berkualitas, serta rebusan kaldu sapi yang gurih dan kaya dengan protein. Tak heran apabila walaupun tempatnya sangat sederhana, namun tempat ini bisa dikatakan tempatnya hanya bersisa beberapa bangku saja walaupun sudah mendekati pukul 3 sore. 


 

Untuk menu makanan yang ada di tempat ini hanya terdapat beberapa macam nasi brongkos dan nasi pecel. Pada saya mengunjungi tempat ini saya mencoba nasi brongkos komplit, di dalamnya terdapat kacang merah, telur, potongan daging sapi, dan lainnya. Tak heran tempat ini laku, ketika saya mencoba pertama kali kuah nya terasa sangat kental dan kaya rasa, berbeda dengan tempat yang menjual makanan brongkos di tempat lain, selain itu tempat ini juga menjual beberapa minuman yang patut kalian coba. Dari segi harga, cukup bersahabat di saku kalian untuk masakan yang melegenda di Yogyakarta. Jika kalian mengunjungi Yogyakarta dan mengunjungi Malioboro, tidak ada salahnya apabila kalian mengunjungi tempat yang satu ini.

Verdict: 
Taste: 8.5/10
Presentation: 7.5/10
Value for Money: 7.0/10
Service: 6.5/10
Ambience: 7.5/10
Praying Room : No
Payment Methods: Cash Only
Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes