Jack Runner Roastary, Bandung I Raising Your Coffee Standard









Selamat hari minggu ya dan berakhir pekan di kota Bandung ya kalian semua. Meskipun sudah 3 hari belakangan ini Bandung mendung, dingin, dan cendrung hujan di pagi hingga malam harinya, bukan berarti kalian harus membatalkan rencana meet up dengan teman kaliah loh... Kehadiran cafe-cafe yang mulai menjamur di berbagai penjuru kota Bandung bisa kalian manfaatkan untuk mengobrol santai dengan sahabat kalian sambil meminum kopi hangat atau minuman hangat lainnya. Kali ini gw akan membahas cafe yang sebenarnya sudah buka semenjak Bulan Mei 2014 di kota Bandung, sudah cukup lama dan hampir memasuki umur 3 tahun loh. Bagi mahasiswa atau mahasiswi Unpar atau yang tinggal di daerah ciumbuleuit mungkin tidak akan asing dengan cafe yang satu ini, cafe ini bernama Jack Runner Roastary. Bagi kalian para penggemar fotografi atau foto-foto instagram ala-ala OOTD atau selebgram mungkin tempat ini tidak se instagram-able cafe yang instagram-able di kota Bandung, akan tetapi bagi kalian para pencinta kopi gw sangat merekomendasikan tempat ini. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat meet up kalian dan mengerjakan tugas-tugas kantor atau kuliah. Selain terdapat colokan listrik di tempat ini, ambience pencahayaannya di ruangan cafe ini cukup asik meskipun sedikit berkesan Dark sih tempatnya pada siang hari. Lebih jauh lagi, bagi kalian yang berencana untuk meet up di tempat ini, menurut gw cake, minuman, meja, dan kursinya cukup nyaman untuk kegiatan tersebut.







 

 



Jack Runner Roastary berlokasi di Jln. Ciumbuleuit No.42, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat 40141. Menurut informasi yang gw dapet cafe ini dikelola oleh Stefanus Handy Hermawan yang pernah mengecap pendidikan di William Angliss Institute, Melbourne, Australia. Cafe ini menurut gw, berani untuk memasang slogan "Raising Your Coffee Standard", namun memang jika gw bandingkan dengan cafe-cafe lainnya mereka tidak mau main-main dan serius dalam menyajikan kopi kepada para konsumennya. Mereka juga menyediakan Barista Class bagi kalian yang ingin lebih mendalami ilmu tentang kopi dan cara untuk membuatnya. Pada saat gw melakukan review di cafe tersebut, harga yang mereka tawarkan untuk kelas tersebut adalah Rp.3.500K (syarat dan ketentuan berlaku), selama 5 hari (2 jam/hari) dan maksimal 2 orang di setiap kelasnya, kalian juga akan mendapatkan fasilitas seperti bahan, modul pelatihan, Jack Runner sertifikat, dan asesoris. Selain itu, cafe ini juga merupakan pemenang kedua di acara "Bandung Brewers Cup" pada tahun 2015. Pada saat gw mereview tempat ini, mereka menawarkan 2 house blend kopi ciri khas mereka, yaitu Heavy Metal dan Melodic Punk.  Pertama gw akan menjelaskan tentang kopi house blend Heavy Metal, mungkin sesuai dengan namanya ya... karakter rasa kopi yang satu ini lebih seperti kaya musik heavy metal yang cendrung keras dan berat, jadi jika kalian para pencinta kopi berkarakter berat gw anjurkan untuk merasakan kopi yang satu ini. Sedangkan jika kalian menyukai kopi yang berkarakter medium, sebaiknya kalian memilih kopi house blend Melodic Punk. Jika kalian lebih menyukai kopi-kopi single origin, kalian juga bisa mencoba Aceh Gayo, Aromanis, Bajawa, Bali Arsa, Kintamani, Dream Pop, Distortion, Preanger, Toraja Minanga, Toraja Pulu-Pulu. Tempatnya menurut gw cukup lega, namun area parkiran menurut gw emang sangat kecil terutama bagi kalian yang membawa mobil. Pada saat gw review cafe ini, gw datang di jam sore hari, yaitu sekitar jam 15.00-17.30 dan pada suasana cuaca mendung. Menurut gw cafe yang satu ini ambience yang cukup nyaman untuk mengerjakan tugas-tugas kalian atau sekedar berbicara dengan teman kalian, bahkan untuk pembicaraan yang bersifat rahasia sekalipun. Untuk segi pelayanan, cafe ini menurut gw memiliki pelayanan yang cukup baik dalam melayani para pengunjungnya. Menurut gw, cafe ini adalah coffee shop top 5 yang ada di Bandung dalam hal rasa kopi.











Ruangan yang disediakan di cafe Jack Runner Roastary terdapat dua pilihan tempat, yaitu indoor lantai 1 dan indoor lantai 2. Untuk pilihan indoor lantai 1, tempatnya cukup lega dan cukup nyaman untuk kalian yang sedang ngobrol dengan jumlah teman 2-4 orang, cocok untuk kalian yang anti dengan asap rokok. Meskipun ini merupakan ruangan utama, menurut gw kalian akan tetap tidak terganggu dengan orang lain yang berada di sekitar atau aktifitas-aktifitas lainnya saat kalian mengerjakan tugas-tugas atau melakukan pembicaraan yang cukup serius di area ini. Untuk area kedua yang terletak di lantai 2 cafe ini, kalian bisa memilih tempat di meja utama yang besar  atau kursi sofa. Ruangan yang satu ini menurut gw cocok sekali untuk kalian yang menginginkan ruangan yang lebih serius dan rahasia. Menurut saran gw, jika kalian ingin berlama-lama di cafe ini... gw sangat menganjurkan kalian untuk memilih area utama yang terdapat sofa, namun bagi kalian yang sangat tergantung dengan colokan listrik di saat kalian mengerjakan tugas-tugas kampus atau kantor, kalian harus memperhatikan dan yakin bahwa yang tempat yang kalian tempati terdapat colokan listrik.











Untuk minuman mereka menyediakan coffee dan non-coffee, jadi kalian tidak perlu khawatir karena disini kalian juga bisa merasakan blends & smoothies, tea, chocolate, dan minuman lainnya. Rentang harga minuman mulai dari Rp.16-100K. Selain itu, untuk mineral water kalian bisa mendapatkannya gratis di dekat depan pintu masuk (self-service).







Sama seperti dengan cafe yang serius pada bidang kopi, makanan pada cafe satu ini cendrung lebih memfokuskan cake & pastry sebagai teman untuk minum kopi. Disini kalian bisa memilih berbagai fried rice, granola, premium rice cookies, croissant, dan cake. Terbilang cukup banyak untuk cafe yang memfokuskan pada bidang kopi. Untuk rentang harga makanan mulai dari Rp.25-35K, menurut gw cukup reasonable dan worth it, rasanya juga tergolong enak untuk pastry & cake. 

Akhir kata menurut gw cafe ini merupakan cafe yang sangat worth it untuk kalian coba (terutama bagi kalian para pencinta kopi) dan gw rekomendasikan sekali buat kalian para penggemar kopi di kota Bandung. Selain tempatnya nyaman, kalian juga bisa merasakan sensasi dan rasa kopi-kopi pilihan yang berbeda jika dibandingkan dengan coffee shop lainnya, makanannya menurut gw enak pada bagian pastry & cake, dan pelayanannya juga cukup ramah bagi kalian yang mengunjunginya. Selain itu, tempat ini juga berlokasi tidak jauh dari tengah kota Bandung (Dago), membuat lebih mudah di akses bagi kalian yang berada disekitaran dago di saat weekend. Meskipun demikian, cafe yang satu ini menurut gw akan lebih baik area parkiran lebih lega. Two thumbs up untuk Jack Runner Roastary yang telah lebih memperhatikan rasa kopi dan mengolahnya dengan serius, bagi para pelanggan dan pencinta kopi di kota Bandung.

Verdict: (Februari 2017)
Taste: 8.5/10
Presentation: 7.5/10
Value for Money: 7.0/10
Service: 7.0/10
Ambience: 7.0/10
Free Wifi: ?
Electrical Plug: Yes
Praying Room : ?
Payment Methods: Cash / Cards
Bagi kalian yang penasaran dengan video review (VLOG) di Jack Runner Roastary - Bandung, ini video nya dan semoga bisa membantu kalian untuk mimilih cafe yang akan kalian kunjungi di Bandung. Jangan lupa komentar, Subscribe, like jika kalian suka dan dislike jika kalian tidak menyukainya ya (smile) .




___________________________________________________________________________________

Contact :
Instagram : Riki Sapriadi
Youtube    : Riki Sapriadi





Share:

Post a Comment

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes